Jumat, 03 Mei 2013

DESKRIPSI DENGAN PENGEMBANGAN OBSERVASI MENURUT SPASI DAN WAKTU

 FAJAR DI ALUN-ALUN KOTA BOGOR
            Pukul lima, eloknya fajar di alun-alun kota Bogor. Matahari mengintip tanda akan segera terbit ke timur yang perlahan mulai tampak pancaran sinarnya. Dinginnya embun pagi belum tergantikan dengan panasnya matahari ketika tepat di atas kepalaku.
Pada saat cahaya kemerah-merahan di langit sebelah timur menjelang matahari terbit ini, puluhan pedagang kaki lima bersiap menghamparkan terpal mereka dengan meja-meja kecil tersusun rapi di atasnya. Diiringi suara hentakan kaki, lompatan kecil pejalan kaki yang sedang joging, melintas.
Gemericik air mancur yang letaknya di depan jajaran puluhan pedangang itu tak pernah terhenti hingga saat seperti ini. Sepanjang jalan Pajajaran mulai dipenuhi oleh orang-orang yang sudah kelihatan capek setelah berolahraga sejak pukul empat tadi sambil menunggu waktu berangkat bekerja.
Peristiwa dimana sisi teratas Matahari muncul di atas horizon di timur ini disekelilingku terlihat wajah-wajah semangat pedagang memulai mengais rupiah dari ramainya alun-alun ketika fajar tiba. Ricuh terdengar di sisi kiriku antara suara gaduhnya mesin pemotong rumput petugas kebersihan kota Bogor di taman air mancur yang tepat di depan alun-alun dengan celotehan percakapan kumpulan orang yang berdatangan.
Aku pun telah selesai sekedar berkuliner setelah berolahraga karna matahari pun sudah hampir sepenuhnya muncul di balik pohon beringin besar yang letaknya kira-kira tiga puluh meter di sebelah kananku, tepat di hadapan air mancur. Sebentar lagi tempat ini akan ramai oleh suara hilir-mudik kendaraan orang-orang yang berbelanja sayuran segar, berangkat ke sekolah, dan bekerja.
Pukul tujuh nanti pedagang akan berkemas tenda-tendanya sambil menghitung penghasilan hariannya dan bersiap pulang, beristirahat, atau menyiapkan dagangan untuk fajar di esok hari. Aku pun sudah akan bersiap berangkat kuliah, sementara orang-orang yang ku lihat di alun-alun tadi akan melakukan aktivitas di pagi hari seperti biasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar